Jumat, 31 Oktober 2008

Sabtu Satu November Dua Ribu Delapan

Hari ini tepat tanggal satu november dua ribu delapan. Hari pertama di bulan kesebelas ini memiliki nilai sejarah tersendiri bagi para pendidik khususnya di Indonesia. Karena di bulan ini telah ditetapkan sebagai hari Guru Nasional. Guru menempati posisi strategis terutama dalam bidang pembangunan khususnya pembangunan pendidikan.
Dimensi luas dari pembangunan pendidikan tidak bisa menafikan begitu saja peran dan fungsi seorang guru. Bahkan berpuluh-puluh tahun yang lalu sejarah membuktikan bahwa guru sangat berperan dalam pembangunan Indonesia. Seperti tercatat dalam sejarah pra kemerdekaan para guru dengan PGRI sudah jauh terjun ke dunia politik dan sosial masyarakat.
Ketika jaman orde baru masih berkuasa, peran guru sangat sentral terutama guru-guru SD di pedesaan untuk memenangkan partai penguasa saat itu Golkar. Guru dengan ilmu dan keahliannya dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga perannya terkungkung dengan birokrasi yang ujung-ujungnya selalu dikaitkan dengan partai penguasa.
Guru...Oiya saya yang menulis ini adalah seorang guru. Tetangga saya guru, teman-teman saya ada yang menjadi guru. Saudara saya juga ada yang menjadi guru. Semoga di hari guru tahun ini, guru-guru di seluruh tanah air bisa benar-benar berperan sesuai dengan lakon keguruannya. Tidak terkungkung, tidak merasa takut dan tidak merasa diabaikan oleh penguasa maupun oleh partai penguasa seperti jaman orde baru dulu.
Selamat ulang tahun guru...selamat mengikuti seminar Guru Nusantara di Samarinda Kalimantan Timur. Semoga nasibmu terus berada dalam kebaikan dan dikenang selalu. Berbakti terus untuk kemajuan bangsa, kemaslahatan umat manusia. Bravo.

Tidak ada komentar: